Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Mandiri Dengan Berwirausaha



Saya masih tercatat sebagai  mahasiswa dari salah satu universitas yang ada di cirebon. boleh dounk sedikit promosi untuk kota kelahiran sendiri.
Saya ingin berbagi pengalaman mengenai ide bisnis sampingan  untuk mahasiswa.
Saat ini Saya tinggal jauh dari orang tua, bukan karena saya yang lagi merantau atau orang tua saya yang lagi merantau,tapi karena memang kami mempunyai dua alam, maksudnya punya dua daerah tempat tinggal, di Cirebon dan di Palembang,kebetulan orang tua saya sedang menetap di palembang. Saya sendiri di Cirebon (jadi satpam di rumah sendiri) maksudnya nunggu rumah. Nyuci baju,masak,nyapu ngepel dan semua pekerjaan rumah saya kerjakan sendiri. Kalo lagi jadwal kuliah padet capek juga.
Jauh dari orang tua yang mungkin mendidik saya berusaha untuk lebih mandiri dan mendorong ke inginan saya untuk bisa punya penghasilan sendiri, bukan karena orang tua saya tidak mampu mencukupi kebutuhan kuliah atau bulanan saya, tapi karena memang saya benar-benar ingin mandiri biar bisa merasakan susahnya cari uang sendiri dan tentunya juga banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat.
saya bukan orang pintar bahkan mungkin saya mahasiswa yang paling bodoh di kelas saya. otak pas-pasan,tampang tidak menjual, bahkan dompet pun selalu sepi pengunjung.cewek zaman sekarang kalau melihat cowok seperti saya mungkin langsung pada lari.Hehehehe...
Lalu apa yang bisa saya andalkan? Setiap manusia pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Saya kuliah ngambil FKIP matematika tentunya tidak nyambung dengan dunia bisnis. iyah, tapi
karena saya orang yang punya banyak hobby,seperti suka ngobrak-ngabrik luar dalemnya motor(service & modif),main music/ngeband,ngutak-ngatik komputer,dll.
Nah mungkin dari hobi yang menjadikan saya mempunyai banyak keterampilan.
Modal keterampilan lah yang banyak membantu saya dalam mengawali beberapa jenis usaha yang berbeda-beda,
Nah mungkin ini referensi jenis usaha yang bisa di jadikan ide untuk memulai usaha sampingan Anda selain sebagai mahasiswa.
Saat ini usaha sampingan yang sedang coba saya jalani adalah : 
lumayan lah sambil belajar saya mendapatkan penghasilan sendiri meskipun belum tetap.
Karena saya bukan type orang yang memilih-milih dalam menerima pekerjaan.apapun yang saya bisa,saya kerjakan !
Meskipun masih kecil-kecilan, yang penting belajar banyak bertindak dari pada banyak berfikir atau banyak teori. saya tidak ingin menjadi mahasiswa yang cuma kutu buku,caper sama dosen,kebanyakan teori dan berfikir tapi tidak banyak bertindak.
belajar mencintai sebuah proses bukan mengharapkan apa yang akan di hasilkan nanti.
Untuk modal alhamdulillah semua dari sendiri. Padahal kalau minta ke orang tua juga mungkin  di kasih , tapi saya tidak ! saya ingin merintis usaha ini benar-benar dari nol dari hasil keringat darah sendiri meskipun entah modal itu saya dapat dari mana, dari nabung bertahun-tahun atau pinjam kesana-kemari. yang penting itu dari usaha sendiri hmmmmmm….
Mungkin itu sekedar berbagi pengalaman saya dalam menjalani usaha sampingan di sela-sela jadwal kuliah Saya.
Semoga bermanfaat !


"Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)"

Artikel Original By : Ronny Bladens

 

Post a Comment for "Mahasiswa Mandiri Dengan Berwirausaha"

Berlangganan via Email