Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Biar Motor Berumur Panjang Dan Selalu Prima !

Tips Biar Motor Berumur Panjang Dan Selalu Prima Bagaimana sih cara merawat motor yang benar dan biar awet?
Nah Kali ini saya akan mengupas secara tuntas bagaimana merawat motor dengan benar biar berumur panjang dan selalu prima.
Banyak yang salah kaprah mengenai perawatan dan pemakaian motor,saat motor baru turun dari mobil dealer dan pertama kalinya parkir di halaman rumah anda,anda langsung membesut motor anda dengan alasan mencoba performa motor baru anda. Ingat motor baru masih inrien ! Sangat tidak di perbolehkan motor baru sebelum menempuh jarak 500km atau 1 bulan membawanya dengan kecepatan di atas 50km/jam,bisa menyebabkan klep bengkok,boring,piston dan ring piston aus. Jika anda ingin motor anda umurnya tidak lama yah silahkan besut motor anda dengan kecepatan 80-90km/jam di jamin deh motor anda akan menjadi sangat cepat.
Iya sangat cepat masuk bengkel maksudnya.  hehe .

Nah mungkin itu tata cara memakai motor baru dengan benar.
Selanjutnya sebaiknya ganti oli setelah setengah bulan untuk penggantian oli yang pertama kalinya,selanjutnya  penggantian oli secara berkala  1500/km atau 1bulan tergantung pemakaian mana yang lebih dulu. Untuk matic jangan lupa ganti oli gardan 1:3 dengan penggantian oli mesin,misal oli mesin penggantiannya 1 bulan sekali berarti penggantian oli gardannya 3 bulan se kali, untuk service berkala bagusnya setiap 2000km dan untuk matic penambahan service CVT setiap 6 bulan sekali.

Untuk perawatan rantai, jangan pernah melumasi rantai motor anda dengan oli bekas. Untuk melumasi rantai gunakan pelumas rantai khusus.untuk referensi saya menggunakan chain lube MTR. sudah 3tahun belum pernah ganti rantai atau gear malah rantai dan gear masih bagus (bukan ngiklan lho !). jika terkena hujan jangan mencuci motor anda lebih dari 2hari,bagian chassis-chassis bisa terkena karat dan cat body cepat kusam. Jangan membebani motor anda secara berlebihan, shock breaker cepet rusak,chassis dan body,selain itu juga bisa membahayakan keselamatan berkendara anda.

Lakukan pengecekan secara berkala !
Lakukan penggantian oli secara berkala !
Lakukan sevice secara berkala !
Segera ganti komponen jika sudah aus atau rusak !
Biar motor anda berumur panjang dan selalu prima.

Mungkin itu beberapa tips untuk merawat motor kesayangan anda biar berumur panjang.

"Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)"

Post a Comment for "Tips Biar Motor Berumur Panjang Dan Selalu Prima !"

Berlangganan via Email