Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pastikan 5 Hal Ini untuk Mendapatkan Pinjaman Online yang Aman

Akses cepat dan persyaratan yang mudah membuat banyak orang tergiur dengan pinjaman online. Padahal, kalau tidak waspada, kamu bisa jadi korban penipuan. Parahnya lagi, kamu bisa terlilit hutang sampai ratusan juta rupiah karena tingginya bunga pinjaman. Sebab itulah kamu harus mengenali mana pinjaman online yang aman dan mana yang tidak aman. Berikut ini 5 hal yang harus dipastikan untuk mendapatkan pinjaman dana dari lembaga yang terpercaya. 

Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Pinjaman-Online-yang-Aman-dan-Terpercaya

Pastikan pinjaman online yang kamu pilih memiliki 5 ciri ini ya, supaya kamu tidak merugi di kemudian hari. 

Terdaftar di OJK

Syarat utama agar terhindar dari pinjaman online tidak resmi adalah memilih pinjaman online yang terdaftar di OJK. Jangan mudah percaya sekalipun lembaga pinjaman online mengatakan jika mereka sudah terdaftar. Untuk memastikannya, kamu bisa mengunjungi situs resmi OJK atau menghubungi call center untuk mendapatkan info kelegalan pinjaman online tersebut. 

Bunga pinjaman yang rendah

Pinjaman online tidak resmi seringkali memberikan bunga yang tinggi. Bahkan bunga pinjaman yang mereka patok bisa mencapai dua persen per hari. Jika akumulasi selama satu bulan, bunga bisa melebihi setengah dari pinjaman pokok. Sangat merugikan bukan?
Lain halnya jika lembaga pinjaman online tersebut legal dan telah terdaftar di OJK. Umumnya bunga pinjaman yang ditetapkan lebih rendah dari pinjaman tidak resmi dan tidak mencekik. 

Terdapat situs dan email resmi

Yang membedakan antara pinjaman online tidak resmi dan pinjaman online yang aman adalah adanya situs dan email resmi. Jadi, jangan langsung tergiur oleh penawaran via SMS atau WhatsApp. Selain itu, situs pinjaman online resmi biasanya telah dilengkapi dengan SSL sehingga proses enkripsi data bisa terjamin keamanannya. Sementara itu, email yang digunakan oleh pinjaman resmi adalah email perusahaan. 

Alamat kantor yang jelas

Lembaga pinjaman online yang terpercaya mempunyai alamat kantor yang jelas. Selain itu, ada nomor telepon yang bisa dihubungi dengan mudah. Jika kamu mendapati pinjaman online tanpa alamat kantor yang jelas, lebih baik kamu mencari lembaga lain yang lebih terpercaya. 

Melakukan pemeriksaan riwayat kredit

Sebelum menyetujui pengajuan kredit, pinjaman online yang terpercaya akan melakukan pemeriksaan riwayat kredit terlebih dahulu. Pemeriksaan ini bisa dilakukan lewat Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Setelah melakukan proses pemeriksaan, lembaga pinjaman online terpercaya akan melakukan seleksi kelayakan calon kreditur. Sebab itu, kamu patut curiga jika pinjaman yang kamu ajukan disetujui begitu saja. 

Ciri pinjaman online yang aman sangat mudah dikenali bukan? Selain lima poin di atas, pinjaman online yang terpercaya umumnya transparan mengenai mekanisme peminjaman. Mulai dari suku bunga, simulasi cicilan, hingga batas pelunasan. 

Demikianlah postingan mengenai informasi Pastikan 5 Hal Ini untuk Mendapatkan Pinjaman Online yang Aman. Semoga dapat memberikan manfaat yang positif
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Pastikan 5 Hal Ini untuk Mendapatkan Pinjaman Online yang Aman"

Berlangganan via Email