Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Memilih Pinjaman Online Resmi OJK yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Tanpa Agunan Hanya KTP

Mengajukan pinjaman online kini bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Apalagi ada banyak aplikasi pinjaman online resmi OJK. Meskipun begitu, kamu nggak bisa asal pilih aplikasi. Ada berbagai pertimbangan yang harus kamu lakukan sebelum mengajukan pinjaman online.

Pertimbangan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Resmi OJK

pinjaman-online-resmi-ojk-tanpa-agunan

Walaupun kamu menggunakan aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK, kamu tetap harus menyesuaikan pinjaman dengan kebutuhan. Lalu apa saja pertimbangan yang harus dilakukan? Berikut ulasan singkatnya.

Selektif memilih aplikasi

Pertimbangan utama yang harus dilakukan sebelum mengajukan pinjaman adalah memilih aplikasi yang tepat. Supaya terhindar dari aplikasi tidak resmi, kamu bisa memilih aplikasi yang sudah terdaftar di OJK. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa mengeceknya melalui situs resmi OJK terkait aplikasi mana saja yang telah mengantongi izin.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan fintech yang akan kamu pilih. Mulai dari persyaratan yang diperlukan, proses pencairan, maupun review dari nasabah sebelumnya. 

Teliti persyaratannya

Pinjaman online resmi OJK memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Umumnya untuk mengajukan pinjaman kamu harus cukup umur dan punya KTP. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan persyaratan lainnya. Seperti ada tidaknya agunan, gaji minimal sesuai domisili untuk mengajukan pinjaman, jumlah pinjaman maksimal, dan lain sebagainya. 

Sesuaikan dengan kapasitas finansial

Jika sudah meneliti persyaratan, kamu harus menyeleksi aplikasi mana yang sesuai dengan kapasitasmu. Terutama dalam hal cicilan. Aplikasi pinjaman online memiliki ketetapan yang berbeda-beda soal suku bunga per hari. Mulai dari 0,5%, 0,75%, hingga 0,8%. Selain suku bunga, jangka waktu yang ditawarkan pun beragam.

Nah sebelum mengajukan pinjaman, sesuaikan dulu suku bunga dan tenor yang kamu ambil dengan kapasitas finansial. Jangan sampai kamu mengambil pinjaman yang melebihi kemampuan, sehingga kamu kesulitan membayar cicilan dan bunga yang ditetapkan. Jika itu terjadi, kamu bisa kena masalah karena terlilit utang.

Pilih aplikasi yang transparan dan fitur simulasi

Kalau kamu kesulitan menghitung cicilan beserta bunga yang harus dibayarkan, memilih aplikasi dengan fitur simulasi adalah langkah bijak. Sebab kamu bisa mengetahui gambaran pasti terkait cicilan yang harus dibayarkan. Dengan begitu, akan lebih mudah menyesuaikannya dengan kapasitas. Disamping itu, pilihlah aplikasi yang transparan dalam setiap prosesnya. Mulai mekanisme pengajuan pinjaman, pencairan, informasi suku bunga, dan lain sebagainya.

Mengajukan pinjaman dana secara online memang bisa dijadikan solusi memenuhi kebutuhan. Namun perhatikan pula risiko yang harus kamu hadapi. Jika kamu memiliki gaji tetap setiap bulannya, kamu bisa lebih mudah menganggarkan cicilan. Tapi untuk kamu yang tidak memiliki gaji tetap, perhatikan lagi plafon pinjaman yang kamu ajukan. Jangan sampai pinjaman online resmi OJK justru memberatkan kondisi keuanganmu.

Demikianlah postingan mengenai 4 Tips Memilih Pinjaman Online Resmi OJK yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Tanpa Agunan Hanya KTP, semoga dapat selalu memberikan manfaat yang positif.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "4 Tips Memilih Pinjaman Online Resmi OJK yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Tanpa Agunan Hanya KTP"

Berlangganan via Email