Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Memilih Pinjaman Online yang Aman 2022

Sejak 2016, pinjaman online sudah menjadi bagian teknologi finansial keuangan Indonesia. Dan sekarang, pinjaman online sudah banyak diminati oleh masyarakat, karena persyaratannya yang mudah dan pencairan dana yang cepat. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, karena sekarang maraknya pihak pinjaman online secara tidak resmi yang mulai tersebar dimana-mana. Membuat beberapa masyarakat resah karena bunga dan tempo bayar yang mereka janjikan terkadang tidak sesuai persetujuan kedua belah pihak.

Tips Jitu Memilih Pinjaman Online
Tips Jitu Pinjaman Online

Untuk menghindari kejadian tersebut agar tidak terulang lagi. Berikut, kami berikan tips dalam memilih pinjaman online yang aman agar anda merasa tidak dirugikan.

Izin resmi OJK

Pastikan bahwa platform yang anda tuju sudah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda dapat melihatnya secara langsung di website OJK. Dan biasanya juga, platform yang sudah terkenal ataupun sudah terdaftar resmi di OJK biasanya mencantumkan logo OJK di aplikasinya.

Transparan

Maksud transparan disini adalah transparan dalam mengungkap bunga, biaya admin, biaya denda, tenor minimal dan maksimal, limit pinjaman ataupun biaya lainnya. Karena biasanya platform resmi akan mengungkap segalanya kepada calon nasabah untuk mempermudah dalam hal pinjam meminjam. Dan juga anda dapat menghitung atau memilihnya terlebih dahulu agar sesuai dengan kemampuan membayar.

3. Tersedia layanan konsumen

Pastikan platform yang anda tuju memiliki layanan konsumen, guna dapat bertanya ketika ada informasi yang menurut anda belum jelas ataupun informasi dalam kontrak yang tidak sesuai.

4. Pinjam sesuai kemampuan

Pinjamlah sesuai kemampuan membayar, agar tidak terjadi telat bayar terhadap pihak fintech. Dan juga anda akan terhindar dari biaya denda keterlambatan yang membuat pinjaman semakin menumpuk.

5. Keamanan website dan aplikasi

Perusahaan pinjaman online wajib lolos sertifikasi ISO teknologi informasi dari lembaga yang berwenang. Anda dapat mengeceknya di website resmi, jika aplikasi tersebut memiliki tanda gembok di sebelahnya. Maka aplikasi tersebut aman dan terjamin.

6. Alamat jelas pihak fintech

Pihak pinjaman online yang resmi biasanya memberikan alamat kantor atau cabang kantornya dengan sangat jelas dan agar dapat dilacak dengan mudah oleh calon nasabah.

7. Bunga pinjaman

Yang terpenting, baca dengan teliti terlebih dahulu mengenai bunga yang mereka tawarkan. Hitung dan kalkulasi kan terlebih dahulu dengan pendapatan anda, guna menghindari gagal bayar akibat menunggak. Dan sesuai ketentuan OJK, pihak pinjaman online hanya diperbolehkan memberi bunga sebesar 0,8% perhari.

Jika anda tertarik mengajukan pinjaman online, berikut kami berikan kelebihan beserta kekurangan dalam hal meminjam uang secara online.

Kelebihan Meminjam Online


1. Praktis
Karena pinjaman online dapat diajukan dimana saja, sangat berbeda jika anda mengajukan pinjaman kepada bank langsung. Pinjaman online memiliki proses yang praktis dan dana akan cair dengan cepat, bahkan hanya dalam kurun waktu 24 jam.

2. Persyaratan yang mudah
Sekarang, pihak pinjaman online berlomba-lomba memberikan persyaratan yang mudah terhadap calon nasabahnya. Bahkan hanya dengan menggunakan KTP, anda sudah bisa mengajukan pinjaman secara resmi.

3. Dana dapat digunakan untuk semua kebutuhan
Tingginya minat masyarakat terhadap pinjaman online. Membuat sebagian dari mereka mengajukan pinjaman untuk kebutuhan finansial. Tak hanya itu, pinjaman online juga dapat menjadi solusi bagi anda yang sedang membutuhkan dana untuk biaya sekolah ataupun biaya berobat.

Kekurangan Pinjaman Online

Karena jika ada kelebihan, pasti ada kekurangan.

1. Limit tidak terlalu tinggi

Karena rata-rata pinjaman online menggunakan sistem langsung cair dan persyaratan yang mudah. Banyak dari mereka hanya memberikan limit pinjaman paling tinggi Rp 20 juta.

2. Bunga harian
Sistem bunga harian diterapkan oleh pihak pinjaman online. Oleh karena itu baca lebih teliti terlebih dahulu dan hitunglah. Agar anda terhindar dari gagaI bayar akibat bunga yang terlalu berat menurut anda.

3. Tenor Singkat
Biasanya pihak pinjaman online memberikan tenor singkat yaitu maksimal 365 hari. Dan jika semakin lama tenor yang anda ambil maka semakin bertambah pula cicilan bunga yang harus dibayar.

Pikirkanlah secara matang terlebih dahulu, dan lakukanlah perhitungan jika anda benarbenar ingin mengajukan pinjaman online.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Tips Jitu Memilih Pinjaman Online yang Aman 2022"