Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Kepopuleran pinjaman online di zaman seperti sekarang ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini mengingat ada banyak sekali pinjaman dana online yang hadir untuk digunakan kalangan masyarakat demi membayar kebutuhan yang terdesak sewaktu-waktu. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bagaimana tips memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya.

Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman

Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari kasus penipuan berkedok pinjaman online yang menawarkan berbagai fitur layanan untuk mudah menarik calon nasabah nantinya. Nah, agar terhindar dari pinjaman online yang tidak resmi ini, Anda perlu menyimak beberapa tips dan trik yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Usahakan memilih pinjaman online yang sudah terdaftar dan berizin OJK

Sebelum Anda memutuskan untuk meminjam dana pinjaman online di jasa penyedia layanan tersebut, pastikan agar layanan yang dipilih telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Anda bisa mengecek daftar pinjaman online tersebut secara berkala di situs resmi OJK. Perlu diketahui bahwa biasanya platform yang sudah berizin biasanya akan mencantumkan gambar logo OJK di website dan aplikasi serta memberikan deskripsi di aplikasi tersebut.

Memiliki suku bunga dan biaya yang transparan

Umumnya, pinjaman online yang aman biasanya menawarkan suku bunga dan biaya yang transparan kepada calon nasabah. Adapun sebelum memilih jasa pinjaman online ini, Anda perlu mengetahui soal biaya adminitrasi, suku bunga, tenor yang bisa diambil, biaya denda jika terjadi keterlambatan membayar hingga denda yang berlaku. Sehingga, Anda nantinya dapat mengetahui lebih lanjut apakah pinjaman online ini sesuai dengan kemampuan bayar Anda atau tidak.

Pahami dan baca lebih detail terkait syarat dan ketentuan yang berlaku

Hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan yakni memahami dan membaca lebih detail terkait syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Walaupun sudah termasuk ke dalam daftar pinjaman online yang aman tanpa agunan / jaminan, Anda juga tetap harus memenuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku agar memudahkan proses pengajuan pinjaman. Pada pinjaman online yang legal ini biasanya akan memberikan persyaratan yang mudah berupa pelampiran foto KTP dan berkas-berkas lainnya.

Memiliki fasilitas cek status pinjaman

Demi memudahkan calon nasabah dalam mengelola pinjaman dana, platform layanan pinjaman online ini biasanya memberikan layanan menarik di dalamnya. Untuk bisa lebih meyakinkan calon nasabah, pinjaman online legal ini biasanya memberikan fasilitas cek status pinjaman agar nantinya tidak bisa diuatk-atik oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Meski demikian, Anda juga sebaiknya harus memastikan bahwa pinjaman online tersebut memiliki informasi lengkap seperti jumlah pinjaman, tenor, tanggal jatuh tempo, bunga pinjaman dan lain-lain.

Memiliki kontrak perjanjian dan layanan konsumen

Meskipun terbilang praktis dan sebagai online, namun Anda juga harus memastikan bahwa pinjaman online yang dipilih memiliki kontrak perjanjian antara kedua pihak. Adapun dalam ini, Anda sebelum meminjam dana perlu untuk membaca secara detail isi kontrak perjanjian dan data diri sudah benar. Selain itu, Anda juga perlu untuk bertanya jika ada informasi dalam kontrak perjanjian yang tidak sesuai agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Memiliki aplikasi dan situs website yang resmi

Biasanya, pinjaman online yang aman hadir dengan aplikasi dan situs website resmi berlogo OJK. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan bahwa aplikasi atau situs yang digunakan benar-benar mudah, nyaman dan tidak meminta akses ke data pribadi dalam ponsel milik pribadi. Penting juga Anda lakukan pengecekan apakah situs website tersebut sudah digembok atau belum untuk melihat keamanan dari situs layanan yang ditawarkan tersebut.

Demikianlah sekilas informasi bagi Anda mengenai berbagai tips memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya di berbagai aplikasi maupun situs website tertentu.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Berikut Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya"